Home / Keuangan / Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian. Sebelum membahas keuntungan menanbung emas, saya ingin mengatakan bahwa tradisi menabung emas telah ada di keluarga kami sejak lama. Bahkan secara umum, keluarga Batak suka membeli emas. Ada sebuah kalimat yang terkenal terkait membeli emas yaitu ‘Menabung sambil berhias’. Emas adalah tabungan sekaligus hiasan. Saya yakin, ini menjadi salah satu alasan kenapa Hotman Paris Hutapea  suka memakai perhiasan. Emas adalah sebuah benda yang unik. Dalam kimia, emas dimasukkan dalam golongan transisi dengan nama kimia Aurum, nomor atom 79. Eits, kita bukan sedang belajar Kimia ya. Tetapi saya ingin membahas sekilas tentang kekaguman saya terhadap emas.

Seandainya kita merendam emas di dalam larutan air, emas tidan akan berubah wujudnya. Emas merupakan sebuah benda padat yang cukup stabil. Sama halnya dengan perak dan tembaga yang di dalam senyawa Kimia masuk dalam satu golongan unsur (memiliki sifat yang mirip/ elektron valensi sama). Berbeda dengan besi (Fe). Besi adalah sebuah unsur yang mudah teroksidasi, atau bahasa mudahnya, bereaksi dengan udara. Karena itu besi bisa berkarat dan emas tidak akan berkarat. Karena stabil, sangat jarang kita dengar ada orang yang alergi menggunakan emas. Emas tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Sedangkan logam lainnya? Saya sendiri tidak tahan memakai jam tangan berlama-lama. Karena logam yang digunakan untuk membuat jam tangan yang saya beli itu murahan. Jadinya saya alergi.

Dari cerita ini, salah satu keuntungan menabung emas adalah untuk berhias dan menabung. Emas bisa memperbaiki penampilan. Jika kamu lagi kere da butuh uang, emas bisa segera dicairkan menadi uang dengan jumlah yang disesuaikan dengan harga pasar. Istilah lainnya, emas bersifat liquid. Berbeda dengan pakaian mahal yang kamu beli, kamu tidak bisa menjual bajumu dengan harga yang baik. Dan belum tentu ada yang mau membeli pakaian yang ingin kamu jual.

Baca juga:  Menabung, Investasi Sekaligus Membangun Infrastruktur Dengan Sukuk Tabungan ST003

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, emas tidak lagi hanya sebagai sebuah benda yang bisa kita lihat dan pegang, atau benda yang kita jadikan perhiasan. Emas bisa berbentuk surat, sertifikat, buku tabungan, atau sejumlah angka yang tertulis di sebuah buku tabungan. Untuk membeli emas, tidak lagi hanya dengan pergi ke pasar kemudian menunjuk emas yang kita mau. Tetapi bisa dicicil dengan sejumlah uang kecil.

Contohnya di Pegadaian. Sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak hanya berfungsi untuk tempat menggadaikan emas, tetapi juga menjadi tempat untuk menabung emas.

Keuntungan menabung dan investasi emas di Pegadaian, investasi emas, menabung emas, pegadaian,
Keuntungan menabung dan investasi emas di Pegadaian

Saya menabung emas karena hal ini memang sudah menjadi tradisi. Anak cenderung meniru orang tuanya. Saya pikir menabung emas adalah hal yang baik, kenapa tidak saya ikuti? Tetapi di jaman sekarang rasanya sedikit aneh jika kamu menggunakan emas di badan dengan jumlah yang banyak dan besar. Sebagian orang menyebutnya norak, sebagian kampungan, dan pendapat lainnya. Tetapi saya menganggap menggunakan emas dibadan terkesan ribet. Karena itu saya menabung di pegadaian. Di Pegadaian saya tidak perlu mencetak emas jika saya tidak ingin. Emas yang ditabung hanya berupa angka seperti layaknya buku tabungan biasa.

Keuntungan menabung emas di Pegadaian juga seru karena Pegadaian memiliki aplikasi yang sangat membantu kita melihat harga jual dan harga beli emas secara nasional. Jika harga pasar sedang turun, kesempatan kamu untuk membeli. Jika harga pasar naik, kamu bisa menjual untuk mendapatkan untung.

Ingat ya teman-teman, emas sangat liquid. Sebanyak apapun emas yang kamu miliki kamu bisa menjualnya kapanpun kamu mau. Tidak seperti investasi properti. Kamu harus menunggu waktu yang cukup lama untuk menjual properti. Karena belum tentu ada yang ingin membeli properti yang kamu jual.

Baca juga:  Jasa Share Link untuk Mempertahankan SEO Website

Ulang Tahun Pegadaian: April Emas

Ternyata pada bulan April ini Pegadaian berusia 118 tahun. Di kesempatan ini Pegadaian mengadakan undian emas dan tiket jalan-jalan ke luar negeri. Bagaimana caranya:

  • Bagi yang belum punya tabungan Pegadaian, silahkan membuka tabungan Pegadaian minimal saldo Rp 100.000 dan kamu akan mendapatkan 5 kupon undian.
  • Bagi yang sudah memiliki tabungan Pegadaian, silahkan Top Up (isi ulang) tabungan kamu senilai Rp. 100.00 untuk mendapatkan 1 kupon atau Rp.500.000 untuk mendapatkan 20 kupon.
  • Undian akan dilakukan secara LIVE di instagram @sahabat.pegadaian.
  • Silahkan cek instagramnya untuk informasi lebih lanjut.

Oke, sekian dulu berbagi pengalaman tentang mmenabung emas versi tanteseo. Pengalaman ini sebenarnya sangat personal. Walau begitu, hal yang baik selalu layak untuk dibagi.

Spread the love

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *